Resume Traveling 2018 dan Resolusi Traveling 2019

travel blogger indonesia

2018 udah berakhir (udah lama keleus). Sekarang saatnya Traveler Paruh Waktu menuliskan tentang kaleidoskop atau resume perjalanan selama tahun 2018 (iyee tahu udah telat banget :D ). Nah, Traveler Paruh Waktu juga akan menuliskan resolusi traveling tahun 2019 yang sebagian besar malah udah tercapai hihi.. Jadi, ini dia, resume traveling 2018 dan resolusi traveling 2019 Traveler Paruh Waktu.

Tahun lalu, kutulis kaleidoskop perjalanan selama 2017 (klik di sini). Dan sekarang, resume traveling 2018 dan resolusi traveling 2019.

Resume traveling 2018

Januari
1. Menemukan pantai yang belum terjamah di Pesisir Selatan
Off road di jalur Sungai Pisang (Kota Padang) sampai ke Kawasan Mandeh (Kabupaten Pesisir Selatan) melewati jalur yang baru akan dibuat jalan (tahun 2019 jalannya udah jadi). Jalan bareng bang Ijal (teman kantor) melewati jalur antah berantah tapi disuguhi pemandangan yang indah dan pantai kece yang belum terjamah.





#travelerparuhwaktu . . Ada orang yang sukanya jalan-jalan ke alam. Sebagian suka pantai, sebagian suka gunung. Semakin sepi semakin menyenangkan, katanya. Tapi ada juga yang suka mengunjungi jejak peradaban manusia. Mulai dari bangunan-bangunan tua bersejarah sampai kota-kota modern dengan segala fasilitas canggihnya. . . Ada yang suka liburan di dalam negeri saja, supaya lebih mengenal jati diri bangsa yang memiliki banyak perbedaan budaya dalam satu identitas bangsa. Ada juga yang ke luar negeri terus, untuk mengenal budaya dan daerah lain yang sangat berbeda dengan kita. . . Ada yang suka makan dan menginap di tempat seadanya saat traveling, supaya bisa berjalan lebih jauh. Ada juga yang mengutamakan kenyamanan, menurutnya kenyamanan berbanding lurus dengan kualitas perjalanan. . . Tak mengapa, tak ada yang salah. Semuanya hanya tentang PREFERENSI pribadi.. Karena menyenangkan buat kita, belum tentu berlaku sama untuk orang lain. . . *coretan sang penikmat alam . . ๐Ÿ“pantai sungai pinang, pesisir selatan . . #sungaipinang #pessel #pesisirselatan #sumbar #exploresumbar #infosumbar #sumbar_rancak #travel #traveler #traveling #beach #pantai #blogger #sumbar_rancak_mania #travelblogger #backpacker #backpacking #wanderlust #wanderer #instadaily #instatravel #travelgram #picoftheday #photooftheday #pesonaindonesia #idcorners

Sebuah kiriman dibagikan oleh Travel Blogger Padang (@barrabaa_) pada

2. Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi 
Di bulan ini juga, aku mendapat kesempatan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan di Pusdiklat kantorku di daerah Gadog, Ciawi. Diklat hanya sampai Jumat. Hari sabtu, sebelum balik ke Padang, aku menyempatkan diri menjelajah Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi. 
travel blogger indonesia
museum zoologi kebun raya bogor

Februari
Hoping island ke 3 pulau tercantik di Padang
Udah lama enggak jelajah pantai-pantai cantik di Kawasan Bungus, Kota Padang. Kali ini, aku kembali merasakan panasnya mentari pulau. Trekking ke puncak bukit pulau pasumpahan dengan view yang amazing, snorkeling bareng ikan warna-warni di pulau pamutusan, dan menikmati cantiknya gradasi warna laut pulau sirandah.  Pulang-pulang gosong bro...
Maret
Lembah Harau
Dalam rangka perpisahan dengan teman kantor yang akan pindah tugas ke Surabaya, aku, Ayu, dan teman-teman kantor melakukan perjalanan wisata ke Lembah Harau. Eggak pernah bosan lho main ke harau ini.
travel blog indonesia
sarasah bunta lembah harau

April
Lawang Park, Maninjau
Entah ke lawang park yang ke berapa kalinya nih. Menurutku ini adalah spot terbaik untuk menikmati pemandangan danau maninjau. View danau, perbukitan, persawahan, berpadu di dalam 1 frame pandangan mata. 
travel blogger indonesia
lawang park, maninjau

Mei
Setelah lebih dari 2 tahun tinggal di Padang, akhirnya nyobain naik kereta di sumatera untuk pertama kali. Dari Kota Padang naik kereta menuju Pantai Gandoriah di Kota Pariaman, lalu menyeberang ke pulau angso duo naik boat. Pulaunya enggak secantik pulau di kawasan bungus, Padang. 
pulau angso duo pariaman
pulau angso duo, pariaman

Juni
1. Tabiang Takuruang, Nagari Pariangan, Puncak Aua Sarumpun
Bulan puasa enggak menghalangi hasrat bertualangku.. Kutempuh jarak total sekitar 240km dari Padang ke Tabiang Takuruang (Bukittinggi/Agam), lanjut ke Nagari Pariangan (Tanah Datar) , lanjut ke Puncak Aua Sarumpun (Tanah Datar), dan kembali ke Padang via Solok, NAIK MOTOR sendirian. 
tabiang takuruang bukittinggi
tabiang takuruang
puncak aua sarumpun singkarak
puncak aua sarumpun, singkarak

2. Curug Carhawi, Brebes
Selain untuk bersilaturahmi dengan keluarga, mudik kali ini juga kumanfaatkan untuk mengunjungi curug carhawi yang lokasinya hanya beberapa km saja dari rumah. 
curug carhawi brebes
curug sarhawi

3. Sebelum balik ke perantauan di Padang, aku dan Ayu kali ini menjelajah Lembang, Kabupaten Bandung. Libur lebaran ke Lembang, udah tahu sendiri lah kaya gimana macetnya..
travel blogger indonesia 2019
the lodge maribaya

Juli 
1. Bukittinggi
Menikmati pemandangan ngarai sianok di pagi hari, dengan latar belakang gunung singgalang yang menjulang.. 
ngarai sianok bukittinggi
ngarai sianok, bukittinggi

2. Istano Basa Pagaruyung 
Salah satu tempat ikonik yang tak boleh kalian lewatkan kalau berkunjung ke Sumatera Barat adalah Istano Basa Pagaruyung. Ini adalah istana dari kerajaan terbesar yang pernah berdiri di ranah minang. Setiap tahunnya, aku selalu menyempatkan datang ke istana dengan arsitektur rumah gadang ini.
istano pagaruyung batusangkar
istano basa pagaruyung

Agustus
1. Danau Bawah dan Danau Atas
Pertama kalinya berkunjung ke danau bawah. Jalan raya ada di sepanjang perbukitan di tepi danau. Setelah itu lanjut bobo siang ditemani semilir angin di danau atas.
danau di bawah solok
danau di bawah

2. Mentawai
Yuhuuuu.. Tiap tahun banget ke Mentawai. Kali ini menjelajah pelosok Pulau Sipora dan berjumpa dengan air terjun ini, air terjun pajujurung.





Mentawai is a well-known surfer's paradise. It offers so many different type of waves, some are world class. . . But.. . . Mentawai is not just about wave.. we can find a lot of attractions once we hit the island.. the beach is beautiful (and the woman also, ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†). The indigenous mentawai people in siberut island still practising their ancient traditions. And there are some hidden waterfalls in the jungle.. . . This one is pajujurung waterfall, 18 km from tua pejat harbour (sipora island).. it's a multi-step waterfall, still raw and natural.. i love to spend time here just by doing nothing.. #perfectlife . . ๐Ÿ“ธ @kesinitrip . . #travelerparuhwaktu #kesinitrip #mentawai #mentawaiisland #siporaisland #sumbartrip #travel #traveling #traveler #travelgram #instatravel #photooftheday #sumbar_rancak #infosumbar #minangtourism #exploresumbar #idcorners #ceritapadang #pajujurungwaterfall #pajujurung #waterfall

Sebuah kiriman dibagikan oleh Travel Blogger Padang (@barrabaa_) pada

3. Pulau Kawasan Mandeh
Beberapa kali melewati kawasan mandeh, kali ini baru berkesempatan menjelajah pulau-pulaunya. Pulau favoritku di sini adalah pulau setan, serem ya namanya..





"Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri. -Ir. Soekarno- . . Apa yg diucapkan bung Karno sepertinya sudah terbukti kebenarannya.. Sekarang tak ada penjajah, tetapi susah sekali bersatu atas nama Bangsa Indonesia. Banyak individu yg lebih mementingkan dirinya dan golongannya. Beda pilihan politik, ribut. Beda keyakinan, berantem, bahkan msh dalam 1 kepercayaan. Berbagai instansi penjaga keuangan negara telah dibentuk tapi korupsi masih merajalela. Wakil rakyat lupa perannya sebagai penyambung suara hati rakyat dengan pemerintah. Abdi negara fokus terhadap pencapaian diri dan instansi, bukan Indonesia.. dan masih banyak hal lainnya yang menghambat kemajuan Indonesia.. . . Di momen kemerdekaan ini, yuk kita semua sama-sama introspeksi diri terhadap apa yg sudah kita lakukan untuk bangsa kita tercinta ini. Tetap berjuang demi kemajuan bangsa dan jangan mudah dipecah belah.. MERDEKA!!! . . #travelerparuhwaktu #merdeka #hutri73 #dirgahayuri #mandeh #kawasanmandeh #pulausetan #pulausutan #pesisirselatan #infosumbar #sumbar_rancak #minangtourism #exploresumbar #kesinitrip #ceritapadang #idcorners #travel #traveler #instatravel #travelgram #photooftheday #indonesia

Sebuah kiriman dibagikan oleh Travel Blogger Padang (@barrabaa_) pada

4. Ngalau Indah, Payakumbuh
Jalan-jalan kali ini mencoba masuk ke perut bumi di ngalau indah. Ngalau sendiri adalah bahasa minang yang artinya gua.. Waktu ke sini, pengunjung sepi banget, suasananya serem. 
ngalau indah payakumbuh
ngalau indah, payakumbuh
September
1. Ngalau seribu dan puncak tebing harau
Beberapa kali main ke lembah harau, tapi kali ini lebih istimewa karena tak hanya berada di lembah, tapi trekking ke puncak tebingnya. Wow, view dari atas keren banget. Di atas tebing juga ada gugusan gua yang bernama ngalau seribu. Abis itu, mandi-mandi segar di air terjun murai.
panorama lembah harau
panorama lembah harau dari ngalau seribu

2. Panjat tebing di harau
Seminggu kemudian balik ke lembah harau. Kali ini nyobain panjat tebing di lembah harau. Ternyata susah juga wkwk..

Oktober
1. Jelajah Kota Medan
Medan bukan kaleng-kaleng. 2 hari jelajah kota Medan, mengunjungi tempat-tempat ikoniknya dan tak lupa mencicipi kelezatan kulinernya..
si bolang durian medan
si bolang durian, Medan

2. Jelajah danau toba dan pulau samosir
Menikmati pemandangan danau toba. Udah 3/4 tepian danau toba yang kujelajahi. Dari Siborong-borong sampai Parapat, lalu dari Tongging sampai Siborong-siborong, termasuk menjelajah Pulau Samosir.
pemandangan danau toba
danau toba dari menara pandang tele

3. Air terjun lubuk hitam

November
1. Padang Mangateh
Kedua kalinya ke peternakan sapi bernama padang mangateh. Masuk sini gak gampang sih bro, harus ada ijin segala macem.. Tapi justru menyenangkan karena nggak rame-rame amat. 
peternakan sapi padang mangateh
peternakan sapi padang mangateh

2. Air terjun lubuk tampuruang
Padang ini walaupun ibukota provinsi, tapi di belakangnya berbatasan langsung dengan taman nasional kerinci seblat. Positifnya, di pinggiran kota masih asri dan banyak ditemukan air terjun..
air terjun lubuk tampuruang kota padang
air terjun lubuk tampuruang

Desember
Bukittinggi dan Kelok 44
Liburan akhir tahun, liburan santai nongkrong tampan di kapatoman cafe (tabiang takuruang) dan juga ke Kelok 44 di Maninjau
kapatoman cafe tabiang takuruang
kapatoman cafe
kelok 34 di kelok 44 maninjau
kelok 34/44 maninjau

Ternyata di 2018 ini setiap bulannya pasti ada jalan-jalannya. 2018 ternyata menyenangkan banget buat Traveler Paruh Waktu ini hihi.. 

 
Resolusi Traveling 2019

2018 telah berakhir, sekarang saatnya menyambut tahun 2019. Di tahun ini, ada 2 resolusi Traveler Paruh Waktu dan sebagian telah terwujud di awal tahun. Apa aja sih? Nih..

1. Pengen Jelajah Sulawesi sampai Papua pakai motor
Ini adalah perjalanan yang telah lama kuimpi-impikan. Di tahun 2019 ini aku berhasil menjelajah Pulau Sulawesi dari Kendari sampai Manado dengan mengunjungi semua provinsinya. Jelajah sendirian dan naik motor honda beat pop. Seru dan menantang hihi.. Perjalanan naik motor hanya sampai Manado. Dari Sulawesi lanjut ke Maluku Utara, lalu ke Papua Barat dan berakhir di Papua. Tapi perjalanan tak selalu mulus, salah satunya gagal menginjakkan kaki di Provinsi Maluku karena satu dan lain hal.





Hai.. Gue Bara... Orang bilang, nama adalah doa. Mungkin, itulah sebabnya setelah dewasa, gue suka sekali melakukan perjalanan. Hal yang paling gue impikan adalah menjadi seorang pengembara yang melakukan perjalanan dalam waktu yang lama. Tapi buat seorang pegawai seperti gue, melakukan perjalanan panjang bukanlah hal mudah. Gue nggak punya cukup waktu untuk melakukan hal itu. Maka, saat cuti besar gue disetujui atasan yang baik hati, gue pun segera berkemas dan melakukan perjalanan ke Timur.. Karena hanya punya waktu mengembara di saat libur dan cuti, maka gue menyebut diri gue “Traveler Paruh Waktu” . Ikuti perjalanan gue menjelajah Sulawesi dengan menggunakan sepeda motor dan berlanjut ke Indonesia Timur dengan gaya backpacker selama hampir 2 bulan lamanya.. #travelerparuhwaktu #traveler #traveling #blogger #travelblogger #travel #wanderlust #wanderer #instatravel #travelgram #photooftheday #backpacker #bikepacker #telagabintang #piaynemo #rajaampat #pesonaindonesia #idcorners #indotravellers #parapejalan
Sebuah kiriman dibagikan oleh Travel Blogger Padang (@barrabaa_) pada


2. Pengen mulai jelajah luar negeri
Nah, seminggu setelah balik dari Papua sebenernya mau ke KL, Malaysia. Secara dari Padang ke Malaysia tu tiket murah banget, kemarin aja dapat 600k PP. Tiket udah dibeli, tinggal bikin passport. Eeeeh, ternyata baru dapat nomor antrian bikin paspor untuk 2 minggu ke depan. Yaudah deh, terpaksa hangus tiketnya. 

Nah, itu dia resume traveling 2018 dan resolusi traveling 2019 dari si Traveler Paruh Waktu. Kalau kalian apa resolusi traveling tahun 2019 ini?


 
----------------------
Traveler Paruh Waktu





Hello, i am Bara, an officer who loves traveling. I write all of my travel experiences in this blog. If you want to collaborate with me, please send me message to travelerparuhwaktu@gmail.com , :)

Previous
Next Post »

49 komentar

  1. Wah mantep jiwa resume traveling thn lalu ya mas, mudah2an thn ini kesampean menginjakan kaki ke negara orang ya mas

    BalasHapus
  2. Mantap perjalananmu Bar.... aku masih berkutat di NTT mulu nih..

    BalasHapus
  3. Wah Kak. serius nih keren banget, setiap bulan selalu menyempatkan jalan-jalan, pantes namanya traveler paruh waktu.

    Dan semoga resolusi tahun ini bisa dicapai ya Kak.
    Semangat berkarya dan terima kasih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi,, iyaaa, pokoknya tiap ada waktu ya langsung gaaas buat explore..

      aamiin,, thanks yah..

      Hapus
  4. luar biasa..hampir setiap bulan dalam setahun selalu ada petualangannya yaa..
    juara sekali mas bara.
    tabiang takuruang itu paling keren lah kayak didunia gozilla. keren banget.

    BalasHapus
  5. Wah, dari ujung ke ujung sumatera barat kamu udah ya Bar :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku 2019 pengen ke kampungnya mba Ayu, lampung hehehe... kurang 1 provinsi itu kalo sumatra Bar :-)

      Hapus
    2. wah cus lah, kalau lampung mah mudah dijangkau hihi.. aku tinggal babel dan kepri euy..

      Hapus
  6. Mantap tiap bln selalu Travelling sdh kyk bagian dari pekerjaan sj hehe.., mgkn k dpnnya tinggal wisata religi, baik dlm negeri maupun luar negeri

    BalasHapus
  7. ini sih beneran traveller, keren2 ih. semoga kesampaian jelajah sulawesi sampai papua naik motor ya mas.. pun kesampaian explore luar negeriiii. aamiin

    BalasHapus
  8. mantap bisa jalan2 trus,,heheh
    kerjaan yang menyenangkan memang mas,
    aku jd iri

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jangan iri,, langsung angkat aja backpackmu :D

      Hapus
  9. kereen nih tiap bulan ada jadwal travelingnya, apalah aku yang dalam setahun udah ok punya kalau dapat 2 tempat yang bisa di kunjungi. wkwkwkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena kk sibuk sedangkan aku banyak nganggurnya wkwk

      Hapus
  10. ya ampun tiap bulan banget ya jalan-jalannya. daku jadi pengen...

    BalasHapus
  11. waaaa.. travelling mulu mas barra.. keren ihh.. semoga resolusi travelling 2019 ny tercapai ya mas ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,, tinggal dikit lagi nih tercapai semua :D

      Hapus
  12. Proud of you Tanah Airku, Tumpah Darahku...
    Ibu Pertiwi memang penuh pesona!!
    Terimakasih banget foto-foto super cantiknya.

    Salut, walaupun dilakukan paruh waktu, tapi hasilnya seluruh raga dan segenap jiwa...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanah airku emang mempesona.. semoga selalu lestari sehingga anak cucu kita juga bisa menikmatinya..

      Hapus
  13. 240km naik motor euyy, itu perjalanan yg jauh bikin bokong tepos n panas, haha

    tapi travelling mulu bikin bahagia, apalagi kayaknya travellingnya totalitas banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bikin tepos dan panas, mana motornya satria pula wkwkwk... untung hasilnya membahagiakan :)

      Hapus
  14. Gile spotnya mantep2 mas.. Ditunggu postingannya resume luar negerinya ya mas..

    BalasHapus
  15. COngrats ya bang semua bucket listnya udah tercapai.
    Jadi pengen mampir ke tempat-tempat yang pernah bang Bara kunjungi, uh cakep cakep

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal menyusun bucket list untuk tahun2 mendatang nih hihi..

      Hapus
  16. ya allah seandainya tiap bulan bisa jalan2 kayak gini juga, mungkin aku juga bikin resumenya. tapi dua tahun belakangan ini aku udah cukup puas jalan-jalan sih walaupun masih di pulau jawa tapi lumayan lah. bismillah semoga bisa secepatnya jelajah pulau lain di indonesia dan ke luar negeri juga. aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,,, semoga bisa menjelajahi bagian lain dari negeri indah kita dan juga bumi kita..

      Hapus
  17. Mantappuuu

    Akupun mau bikin paspor nih gatahan mau ke mana mana hahahahha
    #Gaya #UjungUjungnyaNggakJadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending bikin aja dulu ul.. masalah dipakenya kapan itu belakangan... daripada tiba2 kita kehilangan kesempatan karena blm ada paspor, wikwik..

      Hapus
  18. Wahh udah nyampe aja di Ngalau Saribu.
    Kami yang orang Payakumbuh asli belum pernah sekalipun menginjakkan kaki disana.
    Jadi malu
    hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah hrs kesana dong, jgn mau kalah , bule2 aja bnyk kesana haha

      Hapus
  19. gilaaaa, kereeen sih tempat2 nya :D. dan rata2 aku blm prnh liat. sbnrnya prnh ke padang, tapi ya ituuuu, cuma tempat2 yg mainstreamnyaa :p.

    aku kalo ambil cuti yg sampe 2 bulanan gitu, hrs ambil yg unpaid leave.hahahaha, jd sayang.. ga digaji selama cuti. kalo pake cuti tahunan cm bisa sebulan :D.

    salut sih kliling sulawesi naik motor ms. istri ga diajak yaaa..

    thn 2019 ini aku bikin resolusinya galau mulu. sbnrnya targetku sib tiap thn hrs nambah negara baru. tdnya thn ini mau Dubai, krn pgn skydiving. tp kemudian temen nawarin Korea Utara, yo wiiis, aku ambil :p. september nanti berangkat. dan suami ga ikut.. makanya deg deg an sih. tp ama travel kok, krn kalo ke korut ga bisa sembarangan. hrs ama trvel yg udh ada license. Bersyukurnya suami ngizinin sih. dia udh ngerti aku kesukaannya memang yg ga biasa. rada2 bikin org lain serem hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sumbar ini banyak tempat keren yg belum mainstream,, perlu energi dan tekad ekstra untuk menjelajahinya ahaha...

      ini aku jg ngga dibayar full sih karena cuti 2 bulan ini hihi.. istri ga diajak kmrin tu :D

      aku jg suka negara2 yg antimainstream, tapi biarlah jelajahin asean dulu yg mudah :D

      Hapus
  20. Hampir setiap bulan jalan-jalan, keren. Dirangkum pula..

    BalasHapus
  21. wah baca artikel ini, bikin saya pengen muncak lagi di gunung lawu :v

    BalasHapus
  22. tempat-tempat yang menakjubkan

    BalasHapus
  23. Traveler paruh waktu tapi tiap bulan bisa melancong ahahaha, keren mas. Aku masih penasaran dengan kisah2mu menjelajah Sulawesi hingga Papua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi alhamdulillah...

      tunggu tanggal mainnya ahaha

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...