Kaleidoskop Perjalanan Traveler Paruh Waktu Selama Tahun 2017


 Traveler Paruh Waktu. 2017 telah berlalu, meninggalkan banyak cerita, kenangan, momen yang sedikit demi sedikit gue tulis di blog sederhana ini. Sayang kan kalau kenangan hanya tersimpan di benak, atau mentok-mentok foto doang. Lebih bagus dituangkan dalam tulisan, sehingga sesekali bisa dibuka dan dilihat kembali untuk mengingat momen-momen menyenangkan itu :) . 

Beberapa perjalanan tahun 2017 udah ada yang gue posting di blog ini, sebagian masih berupa draft. Ya, soalnya perjalanan yang udah dilakuin beberapa tahun lalu pun ada yang belum dibuat artikelnya, dan maaf, anaknya malas nulis wkwkwk. Dan memang sih suka explore sejak lama, tapi baru 1,5 tahunan ini dituangkan dalam blog hehe..


Selama 2017 ini, perjalanan tentu paling banyak dilakukan di Sumatera Barat. Selain alamnya emang cakep, dana juga terbatas sih, hahaha. Jadi mumpung sekarang ditempatkan di Sumatera Barat, explore dulu sampai ke pelosok-pelosoknya. Nanti kalau ditempatkan di provinsi lain juga sama, explore sampai ke akar-akarnya, hehe..

Oke deh, ini dia perjalanan yang gue lakukan selama tahun 2017.

JANUARI
Kayanya sih gak kemana-mana ya :D

FEBRUARI
1. Air Terjun Lubuk Hitam, Padang, Sumbar
Trekking ke air terjun lubuk hitam di daerah Bungus, Padang bareng temen-temen sekelas Ayu di batch IV beasiswa STAR BPKP Unand.


2. Pantai Kata dan Pantai Gandoriah, Pariaman, Sumbar
Udah setahun tinggal di Padang, tapi belum main-main ke pantai kota tetangga, Kota Pariaman. Yaudah akhirnya jalan-jalan ke sini, ke Pantai Kata dan Pantai Gandoria. Pantai yang cocok buat wisata keluarga.


MARET
Gak kemana-mana. Main-main ke cafe-cafe di Padang aja paling :(

APRIL
1. Taman Rekreasi Alam Mayang, Pekanbaru, Riau
Abis kemalingan di rumah, kamera mirrorless raib :( . Yaudah jalan-jalan aja ke Pekanbaru. Lalu gara-gara liat postingan Marischka Prudence di instagram tentang taman rekreasi alam mayang, Ayu jadi pengen ke sana. Yaudah cus kami berdua kesana.


2. Puncak Yukatan, Kampar, Riau.
Gak sengaja nemu tempat wisata ini pas perjalanan ke Pekanbaru. Tapi berhenti mampir dan foto-fotonya pas perjalanan pulang ke Padang. Ternyata view danau buatan ini kece juga.




MEI
1. Puncak Langkisau, Pesisir Selatan, Sumbar
Dalam rangka rayain ultah kantor, gue ngajak temen-temen kantor buat bikin ucapan selamat ulang tahun di angkasa pake paralayang di Langkisau. Gue cuma lempar ide, eksekutornya temen, soalnya gue takut ketinggian wkwk..


JUNI
1. Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai, Sumbar
Kesini 11 hari dalam rangka tugas sih. Tapi kalau sore sering main ke pantainya yang masih cantik banget, masih alami kaya pantai-pantai di NTT..




JULI
1. Puncak Mas dan Puncang Teropong Laut, Bandar Lampung, Lampung
Wisata kekinian di Bandar Lampung. Datang ke sini sekalian pas mudik lebaran ke rumah istri di Lampung. Ternyata rame banget ya Allah. Ya wajar sih, datang beberapa hari setelah lebaran. Matek..


2. Pulau Pahawang
Udah lama pengen ke sini, akhirnya kesampaian juga. Karena masih suasana lebaran, numpuk banyak banget manusia kaya di pasar. Tarif kapal juga jauh lebih mahal dibanding hari-hari biasa. Nasiib..



3. Explore Solok Selatan, Sumbar
Pertama kalinya ikutan famtrip. Jadi komunitas blogger palanta diundang oleh Dinas Pariwisata Solok Selatan buat mengenalkan daerah wisata di Kabupaten Solok Selatan, salah satu kabupaten di Sumatera Barat. Nah, gue pun turut menyempatkan ikut teman-teman buat explore Solsel 3 hari 2 malam. 




AGUSTUS
1. Danau Diateh (Danau Kembar) dan kebun teh Alahan Panjang, Solok, Sumbar
Main lagi ke salah satu danau favorit. Kali ini ada temen yang mau foto-foto prewedding, yang motoin temen juga. Yaudah sekalian ikutan deh buat iseng-iseng latihan motret juga..


2. Bukittinggi dan Lembah Harau, Sumbar
Entah udah berapa kali ke Bukittinggi dan Lembah Harau, tapi tempat ini emang gak pernah ngebosenin sih. Tujuan utama wisata di Sumbar. Kedatangan kali ini ke Bukittinggi buat support acara Honda Bikers Day, dimana teman jadi panitianya. Lalu melipir ke Lembah Harau buat foto-foto di spot barunya..


Cerita Perjalanan:


SEPTEMBER
1. Explore Pesisir Selatan
Datang ke Pesisir Selatan dalam rangka tugas. Tapi kalau sore sepulang dari kantor mitra kerja, kadang gue sempatin buat mengunjungi tempat-tempat kece di negeri sejuta pesona ini. Pantai Carocok, Air Terjun Timbulun Pessel dan Pantai Sago gue kunjungi selama 10 hari di sini.



OKTOBER
1. Small World Purwokerto, Banyumas, Jateng
Oktober mudik ke Brebes. Biasa, momen mudik pasti gue manfaatkan untuk sekalian jalan-jalan. Mudik kali ini, gue pergi ke wisata baru di daerah Baturraden, Small World Purwokerto namanya. Banyak miniatur bangunan ikonik dunia yang unik-unik.


2. Padang Heritage Walk V, Jelajah Kota Tua Padang
Seperti kota lainnya, Padang juga punya kawasan kota tua. Namun selama ini sepertinya eksistensinya tak terlalu diperhatikan. Nah, Uda Bayu Haryanto yang punya blog kidalnarsis.blogspot.co.id dengan taglinenya Jelajah Nagari Awak ternyata sangat peduli dengan kota tua ini. Melalui Padang Heritage Walk, Ubay (begitu dia dipanggil) mengajak masyarakat, terutama anak-anak jaman now buat lebih mengenal kawasan kota tua Padang ini. Good job Uda Bayu.

NOVEMBER
1. Lawang Park, Agam, Sumbar 
Ceritanya gue disuruh cari lokasi sama kabid gue buat aktivitas fun outbond. Setelah cari referensi di internet, gue  ajukan Lawang Park. Kebetulan gue juga belum pernah ke sana, baru ke Puncak Lawang aja. Berangkatlah gue survey bareng beberapa kawan kantor. Pemandangan dari Lawang Park emang kece banget. Perbukitan, danau maninjau, pohon pinus, areal sawah, cakeeeep..


2. Air Terjun Timbulun dan Goa Suko, Dharmasraya, Sumbar 
Lagi penugasan ke Dharmasraya, di hari terakhir sebelum pulang, penasaran pengen tahu apa ada tempat wisata di dharmasraya.. Akhirnya hunting ke 2 lokasi. Gak begitu bagus sih, tapi ya lumayan lah daripada gak ada hihi..



DESEMBER
1. Lawang Park (lagi), Agam, Sumbar
Fun outbond bareng rekan kerja 1 bidang. Outbondnya seru, nginapnya seru di villa lawang park, dan viewnya juga the best di sekitar danau maninjau..


2. Explore Sawahlunto, Sumbar 
Penghujung tahun, gue jalan-jalan seharian ke kota tambang ini. Kotanya kecil dan berada di sebuah lembah yang dikelilingi perbukitan. Banyak bangunan peninggalan Belanda, ada terowongan tambang batubara di bawah kotanya, ada beberapa museum, ada danau biru. Sialnya pas ke sini seharian hujan, mana pake motor lagi :(


SEPANJANG TAHUN 
1. Explore tempat-tempat instagram-able di Kota Padang. Kawasan Kota Tua Padang, Jembatan Siti Nurbaya, Bukit Siti Nurbaya, Pantai Air Manis (tempat batu malin kundang), Pantai Padang/Taplau, Masjid Raya Sumatera Barat, dan Bendungan Koto Pulai.


------------

Tahun 2018 ini juga palingan banyak explore tempat-tempat kece di Sumatera Barat aja sih. Ya biar ngalir aja kaya air deh guys..


-Traveler Paruh Waktu-
Previous
Next Post »

78 komentar

  1. Keren sekali nih, Mas. Semoga ditahun 2018 lebih sering travelling lagi. Tak apa satu dalam sebulan, yang jelas bisa mewakili bulan itu..he
    Aku juga udah kangen akan suasana alam, air terjun dan ketinggian. Sekarang belum maksimal cuacanya nih, semoag dilain waktu bisa seperti mas Barra nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener,, minimal sebulan sekali jalan2 kemana gitu biar gak stres kerja terus.. Gak perlu jauh2, karena kadang di sekitar kita pun bnyak tempat menarik. Kalau Sumbar cocok buat para pecinta alam kaya ane :D..

      Aamiin, semoga bisa sering2 memanfaatkan waktu luang buat jalan2 juga..

      Hapus
    2. Betul, cukup ditempat sekitar atau terdekat saja. Aku aja kalau waktu nggak banyak, cukup gowes keliling Jogja, atau nggak ke pantai..

      Aamiin..

      Hapus
    3. yang penting refreshingnya dapet bro :)

      Hapus
    4. Betul, sesekali memang butuh refresing, biar refresh pula ini pala .. ha

      Hapus
  2. Sebagai pekerja kalau bisa menyempatkan minimal 2 bulan sekali liburan itu sudah keren mas. Aku tahun ini hanya beberapa kali saja main, itupun nggak jauh-jauh ahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga gak jauh2 kok, yg penting pikiran fresh kembali setelah lelah bekerja :D

      Hapus
  3. Luar biasanya dengan kesibukannya tapi tetap bisa travelling.. Semoga tahun 2018 bisa pinkik setiap bulan ya, hhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kerja terus, selingi dg jalan2 buat mengapresiasi diri sendiri :D

      aamiin, semoga bisa makin sering explore..

      Hapus
  4. dalam satu tahun banyak banget destinasi yang sudah dikunjungi ya mas. tiap bulan kayaknya travelling mulu nih..
    mudah-mudahan di tahun 2018 ini makin sering travelling lagi dan menunjukan pesona Indonesia dengan alamnya.
    hehehe met tahun baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini cukup banyak karena lokasi juga gak jauh kok dari rumah.. Pake mobil atau motor seharian juga bisa hehe..

      Selamat tahun baru juga..

      Hapus
  5. Wah asyik juga, disela-sela kesibukan mas bara masih bisa mengatur waktu untuk liburan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dong, hobi jangan sampe tak tersentuh walaupun sehari2 sibuk bekerja ahaha

      Hapus
  6. Saya sepanjang 2017 gak kemana2
    keliling jabodetabek aja hahaha
    terakhir cuma ke puncak doang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu juga udah cukup kok.. Minimal setahun sekali ada jalan2nya biar pikiran kembali fresh setelah terus2an bekerja :)

      Hapus
  7. foto di lawang park keren kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belum bikin "laporan akhir tahun" nih, haha :p
      lihat foto lawang park jadi ingat

      Hapus
  8. Wah Oktober ke Purwokerto, kota kelahiranku tercintah hehehhe, aku terakhir ke purwokerto Januari 2017 AKA satu tahun yang lalu hahhaha..
    Mudah2an tahu 2018 ini lebih banyak lagi mengeksplor keindahan alam Indonesia ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, tinggal dimana purwokertonya? aku SMA di purwokerto lho :D

      Hapus
  9. Wes, udah gak diragukan lagi sampeyan traveller sejati pokoknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan lah, kalau traveler sejati engga terikat ke suatu instansi/perusahaan.. ane kan masih pegawai.. jadinya Traveler Paruh Waktu :D

      Hapus
  10. kantorku bikin outbond di lawang park juga di tahun 2017 kemaren hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, samaan euy,, tapi pasti beda tanggal :D

      Hapus
    2. Oktober mas kesini, eh... kang :))

      Hapus
  11. Ya ampun T.T

    Sirik maksimal hiks
    Enak banget bang jalan-jalan terussssssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha,, klo gk jalan2 ntar gk bisa menyebut diri sebagai seorang traveler paruh waktu wkwkwk

      Hapus
  12. Kalau ini mah namanya blogger treveling sejati. Beda dengan saya yang lebih banyak dirumah dan pandang laptop belaka.
    Setahun belum pernah keluar kota. Jadi malu nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha,, yah klo blog saya kan fokusnya ke jalan2, jadi hrs sering jalan2, walau deket2 aja dari rumah hihi

      Hapus
  13. Kaleidoskop pikniknya penuh euy! Mangstap jaya. Bikin ngiri ini namanya, haha!

    BalasHapus
  14. Mentawai? My Dream, salah satu bucket listku sejak lama. Duh, pantainya kinclong, bikin pingin renang sama ikan ikan seharian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pgn bisa surfing di mentawai, blm ada gurunya huhu

      Hapus
  15. Kalo udah selese piknik, kerja juga jadi ekstra semangat ya kak, pikiran juga lebih fresh. Milenial banget yah :D

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
  16. iya biar gak setres harus jalan2 dong
    cuma hawanya lgi gak enak jalan2nya makan aja wkwkwk
    makin eksis aja buat mas bara bara bara (eh kebanyakan satu)
    menelusuri sabang sampai merauke

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ,,, saya sih juga suka makan, tapi untungnya masih jago nahan napsu makan :D

      Hapus
  17. Sepertinya sumatra barat telah dijajakin ya bang, salut. Jadi bisa cari info lagi tentang daerah sumatra

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua kabupatennya sih udah dijajakin, tapi tempat wisatanya masih banyak yg belom kok :D

      Hapus
  18. Aku tuh pengeeen banget bisa stiap bulan jalan2 begitu.. Ga ush jauh2, yg deket aja.. Tp ttp ga kesampaian krn kesibukan suami juga.. Akhirnya kita cm bisa traveling 2-3x setahun. Jd ga bisa stiap bulan :D. Tapi yowis lah.. Nikmati saja.. Yg ptg mah bisa jalan.. Sumbar ada dlm planningku thn 2018 ini. Mau ajak mba ArT dan babysitter juga.. Tp msh blm nemu titik tengahama suami, antara ke sumbar ato surabaya wkwkwkw..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, yah kalau sibuk mah emang harus nunggu waktu liburan/cuti aja berarti :D

      kalau jadi ke Sumbar kabar2in ya,, nanti kami jadi guide nya deh hehe..

      Hapus
  19. kereen kaleidoskopnya!! besok-besok kalo mampir jogja mari kita eksplor bareng!

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,, semoga planning explore jogja setelah lebaran jadi.. O:)

      Hapus
  20. Lumayan banyaaaak ini. Perjalanan yang kece-kece. Turut sedih atas kehilangan kameranya. Itu maling semoga &*(^%&^$@&^%*&^@%

    Kaleidoskop tahun depan semoga ada kota Palembang yang ditulis, yes! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya tahun lalu pas mudik pake mobil dari padang ke lampung, mampir di palembang,, nginep semalam malah.. tapi cuma ke jembatan ampera sama berburu pempek doang :(

      Hapus
  21. Wah ada ke Pekanbaru juga haha. Gimana Alam Mayangnya? Seru banget tiap bulan jalan terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. di alam mayang banyak biawaknya yah ahaha.. seru, berasa liat komodo :D

      Hapus
  22. wuah, salam kenal bang :)
    keren banget jalan - jalannya, meski ada beberapa bulan yang gak kemana - mana.
    pokoknya menyenangkan banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga..

      semoga tahun ini full tiap bulannya ada jalan2, ahaha

      Hapus
  23. enak banget, hampir tiap bulan jalan2 mulu.. traveler benget lah ini.. sekalian nyenengin istri ya mas bara.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa dong,, sekalian nyenengin istri juga :D

      Hapus
  24. Januari belum travelling kemana-mana bang?
    :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah sih, explore sungai pisang - mandeh sama ke kebun raya bogor + museum zoologi,, tapi lagi muaaaleeeees banget nulis.. perjalanan lama aja banyak yg blm publish wkwk..

      Hapus
  25. waw... traveler paruh waktu memang pantas disematkan sama mas bara...hehe
    semangat mas jalan-jalannya... semoga semakin menginspirasi...

    BalasHapus
  26. Keren sekali Informasi nya tentang Padang, kampuaang den ta cinto

    BalasHapus
  27. widih pengen banget. tapi masih belum punya budget, BTW apakah budget itu berpengaruh apa nngak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa dana pasti pengaruh,, tapi gak perlu dana besar kok untuk menikmati alam ciptaan Tuhan hehe.

      Hapus
  28. Wah kok ga update lagi blognya??

    Hahahaha, padahal sendirinya ga update sejak dahulu kala :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nih baru update lagi kok,, rasa M sangat menguasai kemarin2 tu haha

      Hapus
  29. Mantap bang..... Moga 2018 bisa lebih mantap lagi bang explore nya.
    Budgetnya ga habis-habis ya bang :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. budget mah gak perlu gede2, yang penting niat wkwk

      Hapus
  30. Hampir semuanya ada di Sumbar ya. Nggak tergoda buat ke luar negeri nih? wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. nazar belum tuntas, minimal mengunjungi setengah Indonesia,, baru keluar negeri hihi

      Hapus
  31. Saya belum kemana-mana tahun ini, ditunggu cerita serunya di tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sekarang pasti udah ada yg dikunjungi kaan? :D

      Hapus
  32. Wuihh, itu pantai Barrabaa nya keren banget yak ... bikin pengin kesana.

    BalasHapus
  33. Wuih,, seru juga kalo ngumpulin tempat-tempat menarik yang udah dikunjungi selama setahun ya,, Mau juga ah.
    Thank you ya inspirasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar bikin juga ya untuk tahun 2018 ini hehe

      Hapus
  34. ternyata banyak juga yah yang dikunjungi... jiwa traveler banget

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...