Mengunjungi Berbagai Bangunan Ikonik Dunia di Small World Purwokerto

wisata baturraden purwokerto


Salah satu tip yang gue tulis di artikel 5 Tips Menghemat Pengeluaran Untuk Perantau Pecinta Traveling yaitu manfaatkan waktu mudik sekaligus untuk traveling. 

Oktober 2017, gue dan Ayu mudik ke kampung halaman gue di Desa Jipang, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Prov. Jawa Tengah. Sebuah desa nyaman di ujung barat Jawa Tengah yang penduduknya bukan orang Jawa, melainkan orang Sunda. 

Selama mudik seminggu, gue sempatkan 1 hari untuk berwisata. Beberapa alternatif wisata gue kumpulkan, seperti Ranto Canyon, Kebun Teh Kaligua, Telaga Ranjeng, Guci (Kab. Tegal), dan Baturraden (Kab. Banyumas). Ayu memilih Baturraden karena dia belum pernah ke sana. Setelah pilih Baturraden, kembali bingung. Di Baturraden kan banyak pilihan wisatanya, lalu ke mana?? Akhirnya kami memutuskan untuk ke Small World Purwokerto yang masih tergolong tempat wisata baru.



Wisata Edukasi di Baturraden: Small World Purwokerto

Small World Purwokerto merupakan sebuah tempat wisata baru di Baturraden, Kabupaten Banyumas, tepatnya di Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Baturraden. Konsep dari tempat wisata ini adalah wisata edukasi untuk mengenalkan berbagai bangunan ikonik di seluruh dunia dalam bentuk miniatur. Selain dibuat menyerupai bentuk aslinya, di sebelahnya diberikan papan informasi mengenai bangunan tersebut.

Gue berangkat ke Small World Purwokerto bareng Ayu, ceuceu (kakak perempuan dalam bahasa sunda) dan keponakan-keponakan. Perjalanan dari rumah gue menuju Baturraden memakan waktu sekitar 2 jam. 

Tip: 
Jalan dari Purwokerto menuju Baturraden selalu menanjak, maka perhatikan kondisi kendaraan. Mulai dari kampas kopling, rem, dan tak lupa bensin.

Sampai di perempatan Baturraden dekat rumah makan pring sewu, kita belok kiri, ikutin jalan sampai beberapa ratus meter. Lokasi Small World Purwokerto (SWP) di sebelah kanan. Lokasinya mudah dikenali dengan jajaran warung-warung penjual makanan di depannya. Mobil diparkirkan dan harus membayar biaya parkir di awal. Lalu menuju loket untuk pembelian tiket. Dan terakhir sebelum masuk harus menunjukkan tiket di pintu masuk untuk dicap di tangan.

Jam buka = 07.00 - 17.00 WIB
Biaya Parkir Mobil = Rp7.000
Harga tiket masuk (HTM) dewasa = Rp20.000
Harga tiket masuk anak-anak (3-12 tahun) = Rp10.000
Diskon 20% untuk pemegang kartu tanda anggota pramuka kwarcab Banyumas 
Pengunjung yang bawa drone harus lapor ke petugas
Foto prewedding = Rp200.000 / 3 jam

Hal pertama yang musti dilakukan jika sedang piknik bareng keluarga gini adalah.... mencari tempat peristiharatan untuk menaruh barang bawaan. Kami pun segera mencari pondok-pondok yang disediakan dengan jumlah yang cukup banyak untuk para pengunjung. Sayang sekali semua pondok penuh, padahal ini hari Kamis lho. Beruntung ada 1 keluarga yang meninggalkan pondok dan kami pun mengisinya.

Keponakan-keponakan gue yang masih kecil begitu antusias ketika mencari spot-spot bermain. Ceuceu hanya duduk mengawasi anak-anak kecil dari pondok. Ayu dan Lindi nemenin anak-anak kecil, sedangkan gue sibuk berkeliling memotret setiap miniatur bangunan ikonik dunia.

Daya Tarik Small World Purwokerto

Kalau dikelompokkan, setidaknya ada 5 hal menarik di SWP:
  1. Miniatur bangunan-bangunan ikonik dunia
  2. Tempat persewaan baju tradisional
  3. Miniatur bangunan-bangunan ikonik Indonesia
  4. Area bermain anak-anak yang tersebar di beberapa titik
  5. Area taman yang juga bagus untuk selfie
  6. Udara segara pegunungan
Unggulan utamanya tentu miniatur bangunan-bangunan ikonik dunia. Pengunjung akan disuguhi berbagai miniatur bangunan paling ikonik di dunia dari berbagi negara di semua benua, seperti patung liberty, menara eiffel, piramida, dan masih banyak lagi.

wisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokerto

Keterangan gambar
Atas: Kincir Angin dan Bunga Tulip Belanda, Menara Pisa Italia, Big Ben London Inggris, 
Tengah: Tower Bridge London Inggris, Menara Eiffel Perancis, Piramida Mesir, 
Bawah: the Mecca clock royal tower Arab Saudi, Ini bangunan apa ya??, Burj Al Arab

Di antara miniatur bangunan Jepang dan Korea, terdapat persewaan baju tradisional. Entah baju apa saja yang disewakan. Tetapi saat itu gue beberapa ibu-ibu menyewa baju (entah) Korea atau Jepang dan berfoto di lokasi rumah Korea.

wisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokerto

Keterangan gambar:
Atas: Twin Tower Malaysia, Merlion Singapura, Rumah Tradisional Korea (Hanok)
Tengah: White House Amerika Serikat, Patung Liberty Amerika Serikat, Colloseum Roma Italia
Bawah: Piramida Suku Maya Meksiko, Sydney Opera House Australia, Kinkakuji Jepang

wisata baturraden purwokerto
Lindi, Azoya, Adia, Ghatan, Ayu, Alzena di Rumah Iglo Kutub Utara

 Walau tak lengkap, tetapi SWP juga menyajikan miniatur bangunan dari beberapa tempat di Indonesia, ada Monas, rumah gadang, rumah honai, dan lain-lain..

wisata baturraden purwokerto
Rumah Tongkonan Toraja
wisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokerto

Keterangan gambar:
Atas: Bundaran HI, Monas, Rumah Adat Papua (Honai)
Bawah: Rumah Gadang Sumatera Barat, Rumah Lamin Kalimantan, Rumah Krong Bade Aceh

Miniatur-miniatur tersebut terbuat dari bahan kayu. Di sebelah masing-masing miniatur terdapat informasi mengenai bangunan tersebut. Tentu ini menjadi nilai lebih karena selain indah dan unik, juga bisa menjadi media pembelajaran buat anak-anak.

Cerita perjalanan sebelumnya: Sensasi Jurassic Park di Kepulauan Komodo dan Mengagumkannya Pink Beach

Wahana bermain untuk anak kecil juga lumayan banyak di sini. Malah justru ini yang menjadi daya tarik utama bagi anak-anak di bawah 10 tahun, dibandingkan dengan miniatur bangunan dunianya.

Tempat menarik lainnya adalah sebuah taman cantik tepat setelah kita memasuki area SWP. Terdapat kebun bunga plastik warna-warni yang sangat fotogenik, juga beberapa media cantik untuk berfoto.

wisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokertowisata baturraden purwokerto

Keunggulan lain dari Small World Purwokerto adalah udaranya yang masih segar. Tentu saja, karena lokasi SWP juga berada di Baturraden yang sejuk, di kaki Gunung Slamet..

Fasilitas Pendukung

Sebagai tempat wisata yang dirancang untuk wisata keluarga, Small World Purwokerto mempunyai fasilitas cukup lengkap. Di area ini terdapat toilet yang bersih, mushola, dan warung-warung penjual makanan. Jadi kalau kalian ke sini enggak bawa bekal, tenang saja, banyak pilihan makanan yang dijajakkan di sini.

Curug Bayan

Tak jauh dari Small World Purwokerto, terdapat beberapa air terjun (curug) yang siap menyegarkan kalian yang kepanasan setelah seharian "keliling dunia", seperti curug bayan, curug penganten, curug muntu, curug jenggala. Yang paling dekat adalah curug bayan, sehingga waktu yang tersisa kami manfaatkan untuk melipir ke curug bayan.

wisata baturraden purwokerto
curug bayan baturraden


Curug Bayan mudak dijangkau, setelah memarkir mobil, kita harus berjalan kaki kira-kira sejauh 100m. Tiket masuknya Rp3.000/orang dan parkir mobil Rp5.000.

wisata baturraden purwokerto
curug bayan baturraden


Curug Bayan tidak terlalu tinggi, tetapi cukup cantik untuk foto-foto selfie.. Dan jangan lupa udara di sekitarnya yang sejuk bisa merefresh pikiran. So kalau kalian main ke Small World Purwokerto, jangan lewatkan juga curug yang satu ini.

Hari beranjak sore. Sebelum gelap, kami meninggalkan Baturraden. Cukup melelahkan seharian ini telah "mengelilingi dunia" di Small World Purwokerto, dan ditutup dengan sejuk dan asrinya area sekitar air terjun ......

Hello, i am Bara, an officer who loves traveling. I write all of my travel experiences in this blog. If you want to collaborate with me, please send me message to travelerparuhwaktu@gmail.com , :)

Previous
Next Post »

70 komentar

  1. Akhirnya, kesampaian juga ke small world pwt y mas. Plus menikmati curug bayan juga. Nice....

    BalasHapus
  2. Banyak juga spotnya ya. Di beberapa kota sekarang ada yang septi ini walaupun tidak sepenuhnya lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya di sini cukup lengkap.. ada taj mahal juga sebenernya, tapi waktu ke sana lagi rusak..

      Hapus
  3. Wah, bagusya tempatnya. Di Thailand juga ada yang mirip kayak gini. Nggak nyangka di Indonesia juga ada. Fotonya juga ciamik! :D

    BalasHapus
  4. sebagai orang purwokerto merasa gagal belum pernah ke small world hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh,buruan ke small world biar enggak gagal lagi :D

      Hapus
  5. Semakin banyak ya tempat wisata di indonesia yang sperti
    Selain untuk rekreasi juga bisa menambah pengetahuan ya mas barra
    apa lagi yang punya anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih cocok untuk edukasi anak.. Tapi minimal usia SD kali ya.. Kalau lebih kecil lagi, mereka sukanya bermain ayunan, prosotan, dan lainnya yg ada di sini..

      Hapus
  6. Hikkks, cedih akutu
    Waktu Aul ke sana itu pas lagi hari liburan.
    Jadinya ruameeee banget dan rombongan aul memutuskan untuk nggak jadi masuk dan cuman makan makan aja di luar nya, terus lanjut ke Baturraden

    ke Curug Jenggala enggak bang?
    Dahsyat banget disanaaaaa aul pernah share jg di blog hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya lah liburan mah pasti rame.. Ini ke sana hari kerja jadi sepiiiii..

      Enggak ke sana Aul, soalnya waktunya udah terlalu sore kalau mau ke Jenggala :D.. Sebenernya awalnya mau ke sana sih..

      Wah entar coba diintip deh cerita tentang Jenggala nya :D

      Hapus
  7. Ah ini kayak nostalgia jaman ku kuliah.. Sering banget main di curug dan mampir ke small world.. Hhh

    BalasHapus
  8. Aduh bikin ngiler lokasinya, purwokerto belum pernah kesana, jadi pengen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Purwokerto alam dan kulinernya oke2 loh :D

      Hapus
  9. Di Jogja juga baru aja dibangun nih tempat kaya ginian, di daerah Kaliurang. Tapi masih sedikit miniaturnya dan masih dibangun terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah di daerah dingin juga yah, kaliurang :D

      Hapus
  10. bagus nih infonya mas bar,
    seruuuu
    jadi ga perlu keliling dunia dong ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum keliling dunia, ke sini dulu ahaha..

      Hapus
  11. Gak nyangka Purwokerto punya banyak spot foto bagus kayak gini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. di jaman now ini, setiap kota harus berbenah menarik wisatawan ahaha..

      Hapus
  12. ini lebih gede dr small world yang di Jogja yah kayaknya, salam kenal mas Bara, saya p*ns juga haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah ke small world yg di jogja :D

      salam kenal juga mbak PNS :D

      btw blognya apa ya? di klik gak muncul..

      Hapus
    2. saya mas2 hahaha... blog saya di wordpress

      djangki.wordpress.com


      makasih kalo berkenan mampir balik :)

      Hapus
  13. aku selalu kagum sama foto-fotonya mas bara palagi foto model cewek di air terjun itu keren banget..
    juga foto yang di taman-taman yang keren banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe makasih.. mungkin karena lensanya aja itu, walaupun lensa murah wkwk..

      Hapus
  14. Loalah asli baru tahu kalau di Purwokerto ada ginian, di Baturraden pula! Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, mainnya terlalu jauh kali makanya gak tau haha..

      Hapus
  15. sebagai orang purwokerto saya hanya pernah sekali kesana tapi wktu itu banyak yang belum jadi haha

    BalasHapus
  16. Waah seru bgt nihh... Jadi pengen ke sana, foto2 sepuasnya. Thank you infonya 😁

    BalasHapus
  17. wahhh purwokerto sekarang banyak tempat wisata menarik yaa..
    terakhir kesana awal tahun 2000an euyy...
    *teryata saya sudah lama tidak main2 kesana*

    BalasHapus
  18. Daaaaaaaannn baru sadar kalau ternyata disini nggak ada miniatur borobudur sama prambanan. apa udah kelaur dari landmark iconik Indonesia ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah iya baru nyadar juga... Malah bundaran HI yang begitu doang dibikin miniaturnya ahaha..

      Hapus
  19. lucu banget baru tau ada yang kaya gini di purwokerto. next time mampir ah!

    BalasHapus
  20. Tempatnya bagus, ada nih teman yang sudah pernah ke sini tapi akunya yanh belum. Ahaha
    Next time semoga kesampaian ke sini.

    Selamat mas bara udah jadi .com vakum kelamaan nih keknya aku, sampai ga tahu. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini juga baru di .com -in kok ,, templatnya juga belum lama :D ..

      Jangan lama2 vakum,, semangat nulisnya bro

      Hapus
  21. Eh baru tau di Baturraden sekarang ada tempat wisata kekinian kayak gini. Konsepnya mirip kayak Window of The World di Shenzhen, Cina. Tapi ini versi murah sih, cuma Rp20.000,00 hahaha.

    Oalah asli Purwokerto toh, mas. Terus mana fotomu di situ, bro? :D Ayu itu istrimu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum ke shenzhen, ke baturraden dulu :V ..

      Orang Brebes, :D ...
      Biasa, jarang difoto huhu..
      benar suhu...

      Hapus
  22. beneran itu di purwokerto?
    tempat wisata baru ya? #kudet

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah sekitar setahunan sih kira-kira..

      Ayo buruan didatengin :D

      Hapus
  23. Kangen Pwt. Kota penuh kenangan 🖐

    BalasHapus
  24. Kalau di Palembang ada satu tempat kayak gini, namanya Punti Kayu, hutan wisata tengah kota gitu. Tapi gak selengkap seperti yang ada di Purwokerto ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada juga toh,, udh 3x ke palembang tapi gk sempet keliling2,, maklum cuma transit pas road trip mudik ahaha..

      Hapus
  25. Bagus yaaa, kelihatan sedjuk banget di sana viewnyaaa. Luar biasa deh Indonesia

    BalasHapus
  26. Daaan juga baru sadar nggak ada foto bang barra nya wkwkwk
    Foto orang semua XD

    P.S.
    Thank you brotherrr! :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha,, biasa,,, kerjaannya motoin orang dan objek.. :V

      Hapus
  27. Wah aku baru tau ada small world di purwokerto.. kece yaaaahhh

    BalasHapus
  28. eh murah juga
    aku bisa gulung2 kaya inces syahrini

    BalasHapus
  29. Duh, kemaren g sempet ke sini.. Kesorean..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang sekali.. datang lagi next time :D

      Hapus
  30. Tertarik sama Curug Bayan Baturraden ini, sepertinya lagi hits di kalangan para traveler. Hahahaha. :D

    BalasHapus
  31. Astagahhh, aku orang Purwoketo malah belum pernah ke Small World loh, waktu itu pulang kampung cuma sebentar, mau kesana tapi rame banget, jadi batal deh.
    Reviewnya lengkap banget, cukup mengobati kerinduanku sama kampung halaman hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next time pulang kampung datengin dong. Masa org Pwt belom pernah kesana :D

      Hapus
  32. ih aku pengen banget nih ke sini... mirip taman mini yak tapi ini koleksinya sluruh dunia.. keren ih buat poto2 instagram bagus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan ukurannya lebih mini lagi dari taman mini,, ini taman micro mungkin pasnya ahaha

      Hapus
  33. Cocok gan buat foto foto tuh,
    Kalau anak sekarang bilang instagramable, sedih itu kalau kamera HP gak bangus muka yang aslinya ganteng jadi ... ah sudahlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. minta tolong fotoin sama orang yg bawa hp/kamera bagus,, terus hasilnya kirim via email wkwkwk

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...