Terpana Keindahan Danau Toba Dari Berbagai Sisi



Terlihat banyak pepohonan pinus yang terbagi menjadi 2 warna, hijau dan kemerahan. Jarak pohon-pohon itu tak terlalu rapat. Bukit hijau berundak-undak merelakan tanahnya menjadi pijakan pinus-pinus itu. Di bawahnya adalah sebuah danau besar yang menjadi aliran terakhir sungai-sungai di sekitarnya. Tampak beberapa air terjun setinggi ratusan meter turut menghiasi sekeliling kaldera bekas gunung berapi ini. Monyet dan Beruk mengemis makanan kepada kendaraan yang berlalu lalang. Di tengahnya terdapat sebuah daratan, yang penuh dengan rumah-rumah tradisional dan kaya akan budaya asli batak. Kambing, kerbau, sapi, dan babi dilepas begitu saja, tanpa ada rasa takut kehilangan. Ah danau toba, seperti ini toh wujudmu.

Sejuta Cerita di Gunung Bromo


Kuteguk habis segelas susu coklat saat sebuah postingan tentang bromo di sebuah akun instagram terpampang di layar gawaiku. Hal itu seketika mengingatkanku akan manisnya memori liburan di bromo kala itu. Ah, rasanya sudah lama sekali. Januari 2015, berarti sudah hampir 4 tahun sejak liburanku ke Bromo bareng Ayu, Andri, dan Evelyn. Tapi, masih terbayang jelas setiap sudut keindahannya. Rasanya, aku tak pernah melihat pemandangan secantik itu di Jawa.

Menatap Lembah Harau Dari Ketinggian dan Menerobos Gua di Ngalau Seribu





Apa yang kamu ketahui tentang lembah harau? Tebing-tebing tegak lurus yang menjulang tinggi? Beberapa air terjun cantik? Berfoto memakai hanbok dengan background pohon mati, tanah putih, dan bangunan beratap gonjong yang menghasilkan visual ala-ala di Korea? Ya, mungkin memang 3 hal itu yang sudah menjadi ciri khas utama lembah harau yang terletak di Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Tetapi, lembah harau bukan hanya itu.. Ada sisi lain yang tak kalah cantik, sisi lain yang jarang dikunjungi orang, sisi lain yang antri mainstream.

Asiknya Menginap di Hotel Lucu, Summerbird Bed and Brasserie



Sepasang burung kayu kecil menyambut kedatanganku siang itu. Ah, lucu sekali.. Mungkinkah burung-burung itu yang terbang kesana kemari menyihir setiap wisatawan yang akan datang ke Bandung untuk menetapkan pilihan penginapan di Summerbird??? Terlalu mengada-ngada kamu, traveler paruh waktu. Hey, tapi memang Summerbird Bed and Brasserie itu sangat menawan. Instagrammable, kalau kata IG-ers.. Setiap sudutnya dipenuhi dengan detail seni yang menarik. Kamarnya memang kecil, tapi bikin betah. Jangan lupa sarapannya yang selain mengenyangkan, juga bikin nagih.


Menapakkan Kaki di 3 Wisata Kekinian Lembang



Wisata kekinian? Kawasan Lembang di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, termasuk salah satu yang paling terkenal akan spot-spot wisata kekiniannya. Farmhouse Susu Lembang, Lembang Floating Market, The Lodge Maribaya, De Ranch, dan Taman Begonia adalah beberapa dari sekian banyak tempat wisata bernuansa kekinian di Kawasan Lembang. Tak cukup waktu sehari untuk menjelajahi semuanya. Tapi keterbatasan hariku saat itu hanya membawaku ke tiga tempat yang menurutku cukup ikonik.

Curug Carhawi dan Menangkap Pagi di Ujung Barat Jawa Tengah


Entah berapa meter kubik air yang telah jatuh ke dalam sebuah lubuk. Airnya berwarna kehijauan, mungkin karena lumut. Lubuk itu terkurung oleh tebing-tebing di sekelilingnya yang bermaterialkan batu cadas. Tebing-tebing itu terpahat indah dan rapi oleh air yang melintasinya.

Kabur dari Hikuk Pikuk Jakarta ke Taman Wisata Alam Mangrove PIK



Hidup di Jakarta, artinya harus siap berjibaku dengan segala hiruk pikuk kota besar. Macet, polusi, gedung bertingkat, dan hal-hal lain yang tak membuat pikiran tenang. Ya, semua itu harus kembali menjadi pemandanganku sehari-hari dalam kurun waktu 2 tahun (2014 - 2015). Aku kembali ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan, setelah sebelumnya tinggal selama 2 tahun (2011 - 2013) di salah satu surga terindah di Indonesia, Nusa Tenggara Timur. 

Itinerary Jelajah Lombok 4 Hari 3 Malam




Lombok. 

Siapa yang tak mau ke sana? Beragam pulau dan pantai indah dengan pasir putih halus dan gradasi warna laut yang menawan, perbukitan indah, air terjun cantik, berbagai desa adat, ataupun gunung rinjani yang megah. Akan sangat menyenangkan jika kita dapat menjelajah setiap sudut Lombok.

10 Tempat Wisata di Kupang yang Bisa Dikunjungi dalam Sehari



Wisata Nusa Tenggara Timur saat ini sedang naik daun. Setelah Labuan Bajo dengan gugusan kepulauan cantik di taman nasional komodonya, kemudian menyusul Pulau Sumba dengan segala eksotismenya, baik pantai, bukit, dan air terjunnya yang sangat unik. Wisatawan dapat langsung menuju ke 2 daerah itu dari Bali atau Jakarta tanpa melalui ibukota dari provinsi NTT, Kupang. Tapi kalian juga bisa mengunjungi Labuan Bajo dan Sumba dengan terlebih dahulu berkunjung ke Kota Kupang. Hitung-hitung untuk menambah destinasi kota yang kalian kunjungi. 

Mengenal Hewan Asli Indonesia di Museum Zoologi Bogor (Kebun Raya Bogor)




Waktu menunjukkan pukul 10 pagi. Masih terlalu dini jika aku langsung berangkat dari Ciawi Bogor ke bandara soekarno hatta. Sedangkan pesawat yang akan membawaku kembali ke Padang dijadwalkan berangkat pukul 8 malam. Itu artinya, aku masih mempunyai cukup waktu untuk mengisi jam dan menit yang kosong ini. 

Berbekal informasi yang kudapat dari google, aku menentukan pilihan untuk mengunjungi museum zoologi di Kota Bogor. Langkah selanjutnya adalah mengecek lokasi museum melalui aplikasi gps di handphone. Ternyata lokasinya bersebelahan dengan kebun raya bogor. Terakhir, aku bertanya ke warga sekitar tentang angkutan umum menuju kesana. Dari Ciawi, aku menaiki angkot 01 dan berhenti di sebuh tugu diantara terminal dan kebun raya bogor. Perjalanan dilanjutkan dengan menaiki angkot 03 sampai ke gerbang utama kebun raya bogor. 

Karena kurangnya riset dari google, aku berhenti tepat di depan museum zoologi. Namun ternyata, untuk masuk ke dalam museum, kita harus masuk melalui kebun raya bogor terlebih dahulu. Damn it!!! Tak ada pilihan lain, aku harus berjalan sekitar 100 meter menuju gerbang utama kebun raya bogor.

 

Selepas menitipkan carrier dan membayar tiket masuk seharga Rp14.000, aku berjalan kaki menuju museum zoologi. Letaknya mungkin sekitar 200 meter dari tempatku membayar tiket. Perjalanan terasa menyenangkan karena ditemani oleh taman-taman yang rapi nan asri. Bangunan-bangunan tua khas kolonial pun menyambut di sisi kiri.

Aku berbelok ke kiri seiring terpampangnya informasi arah museum zoologi dalam sebuah papan. Aku melewati bank biji (seed bank) sebelum akhirnya sampai di depan bangunan museum zoologi, yang juga merupakan bangunan tua peninggalan Belanda. Tak ada lagi tiket yang harus dibayar, karena tiket masuk kebun raya bogor yang aku bayar di depan sudah termasuk tiket ke museum zoologi ini.

Berkenalan dengan berbagai satwa asli Indonesia

Saat masuk ke dalam museum ini, kita akan disambut oleh 4 kerangka asli dari hewan endemik Indonesia, yakni badak sumatera, harimau sumatera, tapir, dan anoa.

me with panthera tigris sumatrae
Museum ini dirancang secara tematik berdasarkan jenis hewan yang terbagi di beberapa ruangan. Di masing-masing ruangan, terdapat akuarium yang berisi hewan-hewan, settingan tempat sesuai habitat aslinya, dan papan informasi. Tapi entah lah, apakah hewannya dari bangkai aslinya yang diawetkan atau Cuma replika. Beberapa tampak nyata, baik bentuk maupun ukurannya. Tapi beberapa lagi tampak seperti patung atau ukurannya terlalu besar. Hmmmm, mungkin saja sebagian memang asli bangkai hewan dan sebagian lagi replika kali ya..

 

Kalau dirangkum, setidaknya ada lima ruangan tematik yang dihadirkan di museum ini:
  • Ruangan yang berisi informasi mengenai berbagai jenis burung di Indonesia. Ruangan ini termasuk yang terbesar karena banyaknya spesies burung di Indonesia. Masing-masing akuarium berisikan berbagai jenis burung sesuai jenisnya dan ada pula yang dikelompokkan sesuai dengan habitatnya, misalnya burung-burung sawah atau burung-burung rawa.
  • Ruangan yang berisi informasi mengenai berbagai jenis mamalia di Indonesia. Ini ruangan favoritku. Terdapat beberapa hewan Indonesia terkenal seperti badak, banteng, harimau sumatera dan macan tutul.
  • Ruangan yang berisi informasi mengenai berbagai jenis reptil di Indonesia.
  • Ruangan yang berisi informasi mengenai berbagai jenis biota laut di Indonesia.
  • Ruangan yang berisi informasi mengenai berbagai jenis serangga di Indonesia.

banteng dan hewan lainnya di Ujung Kulon

Informasi Penting:
  • Pintu masuk menuju museum zoologi adalah sama dengan pintu masuk kebun raya bogor. Paling dekat jika masuk dari pintu gerbang utama.
  • Tiket masuknya seharga Rp14.000 untuk wisatawan domestik (tiket masuk kebun raya bogor + museum zoologi)
  • Terdapat tempat penitipan barang yang buka sampai pukul 15.00 yang berada di dekat loket pembayaran.

Berkeliling Kebun Raya Bogor yang Asri dan Sejuk (Bonus Ketemu Presiden Jokowi)

Selepas mendapatkan berbagai pengetahuan baru di museum zoologi. Aku masih enggan untuk bertolak menuju bandara. Masih ada cukup banyak waktu tersisa. Aku ingin berkeliling kebun raya bogor namun dengan waktu yang cukup singkat. Maka ada 3 pilihan di sini. Pertama, menyewa sepeda, kedua ikut mobil wisata, dan ketiga menaiki kendaraan semacam mobil golf gitu . Ketiga fasilitas tersebut tersedia di kebun raya bogor di dekat cafe dan toko oleh-oleh, tak jauh setelah masuk dari gerbang utama.

Tur keliling menggunakan bus wisata menjadi pilihanku kala itu. Setelah membeli tiket, kita akan mendapat nomor antrian. Nomor antrian akan dipanggil satu persatu dan seorang petugas akan mengarahkan kita kepada bus yang akan kita naiki.



Bus berjalan, sang sopir yang merangkap menjadi guide menjelaskan setiap area yang kami lalui dengan sesekali melempar joke yang diikuti gelak tawa para penumpang bus. Good job, bro..

pohon jodoh
Berbagai jenis tumbuhan ada di sini, beberapa yang kuingat adalah area tumbuhan palem seperti pohon palem, kelapa, kurma, dll.. Ada juga area tumbuhan meksiko dengan berbagai kaktus yang beraneka rupa. Yang tak kalah unik ada tumbuhan yang didatangkan dari Afrika untuk pakan jerapah.
Ada 2 hal unik yang menjadi daya tarik bagi pengunjung. Pertama pohon jodoh. Yakni 2 pohon berusia ratusan tahun yang tinggi dan berukuran besar. Kedua pohon tersebut sejatinya merupakan jenis yang berbeda, tapi karena ukurannya yang hampir sama dan tumbuh berdekatan, maka dinamakan pohon jodoh. Pohon yang lebih besar dan lebih gelap adalah meranti yang berasal dari Sumatera. Pohoh yang lebih kecil adalah pohon beringi putih yang berasal dari Thailand.
 
Konon, pasangan yang duduk di bawah pohon ini akan langgeng hubungannya. Sedangkan orang yang masih single akan mendapatkan jodoh di dekat pohon ini. Jadi mblo, kapan mau ke sini? :V :V

markas kalong

Keunikan berikutnya adalah adanya sarang kelelawar raksasa alias kalong tak jauh dari pohon jodoh. Kalong-kalong tersebut terlihat tidur bergelantungan di ranting sebuah pohon tinggi yang tak berdaun. 

Sesaat sebelum meninggalkan kebun ini, tiba-tiba terjadi sebuah kehebohan dari pengunjung. Ternyata, siang itu sekitar pukul 14.00 WIB, orang nomor 1 RI sedang berolahraga lari dengan dikawal oleh para ajudannya. Pakdhe Jokowi melanjutkan larinya, dan aku pun meninggalkan kebun raya bogor..

selfie jauh sama pakdhe Jo

Informasi Penting:

  • Tarif mobil wisata Rp15.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak usia 3-5 tahun
  • Tarif sewa sepeda Rp15.000/1 jam
  • Sebaiknya ikut mobil wisata dulu untuk lebih mengetahui gambaran tentang kebun raya bogor. Setelahnya bisa explore sendiri dengan sepeda sewaan.

-------------------------
Berkunjung Januari 2018

Kaleidoskop Perjalanan Traveler Paruh Waktu Selama Tahun 2017


 Traveler Paruh Waktu. 2017 telah berlalu, meninggalkan banyak cerita, kenangan, momen yang sedikit demi sedikit gue tulis di blog sederhana ini. Sayang kan kalau kenangan hanya tersimpan di benak, atau mentok-mentok foto doang. Lebih bagus dituangkan dalam tulisan, sehingga sesekali bisa dibuka dan dilihat kembali untuk mengingat momen-momen menyenangkan itu :) . 

Beberapa perjalanan tahun 2017 udah ada yang gue posting di blog ini, sebagian masih berupa draft. Ya, soalnya perjalanan yang udah dilakuin beberapa tahun lalu pun ada yang belum dibuat artikelnya, dan maaf, anaknya malas nulis wkwkwk. Dan memang sih suka explore sejak lama, tapi baru 1,5 tahunan ini dituangkan dalam blog hehe..

Menyusuri Sisa-sisa Tsunami Aceh



Traveler Paruh Waktu.

26 Desember 2004, terjadi gempa besar yang sumbernya dari Samudera Hindia yang disusul oleh bencana tsunami yang maha dahsyat. Banyak negara yang terkena dampak, namun yang paling parah terkena dampaknya adalah Aceh. Gelombang setinggi pohon kelapa telah meluluhlantakkan infrastruktur di sebagian wilayah Aceh dan menghilangkan nyawa sekitar 170.000 orang di Aceh. Tsunami Aceh sudah lama berlalu, namun jejak keganasannya masih dapat kita jumpai di beberapa wilayah. Sebut saja misalnya kapal di atas rumah, kapal PLTD Apung I, Mesjid Rahmatullah. Bahkan, untuk mengenang sekaligus peringatan bagi kita semua, telah dibuat sebuah Museum Tsunami Aceh di pusat kota Banda Aceh.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...